Pelemparan Sepatu Menghantui Bush Hingga Kanada

Beberapa media Kanada melaporkan bahwa kerumunan orang yang marah mulai membakar patung mantan Presiden Amerika Serikat, George Bush di saat ia sedang memberikan pidato di kota Montreal, Kanada.

Surat kabar “Al-Quds Al-Arabi” mengutip dari televisi Kanada menyebutkan bahwa 300 demonstran berkumpul untuk memprotes kunjungan Bush ke Kanada pada hari Kamis lalu (22/10), di mana polisi menangkap 5 orang pengunjuk rasa yang melemparkan sepatu ke Hotel Fairmont The Queen Elizabeth di Montreal, ketika Bush sedang menyampaikan pidatonya.

Surat kabar tersebut menjelaskan bahwa para pengunjuk rasa terus-menerus meneriakkan yel-yel “George Bush teroris”. Mereka menuntut agar ia ditangkap dengan tuduhan telah melakukan kejahatan perang. Dan mereka juga melakukan pembakaran patung Bush.

Diberitakan bahwa Bush mengeluarkan dana sebesar 100 ribu dolar untuk pidatonya di hadapan lebih dari seribu orang, yang masing-masing orang dibayar 400 dolar agar mendengarkan pidatonya. Dalam pidatonya, Bush membela semua keputusan yang diambil dalam hal krisis ekonomi, perang di Irak dan Afghanistan, serta perang melawan “terorisme”.

Perlu diketahui bahwa wartawan Irak, Muntadhar Zaidi melempar Bush dengan sepatunya pada bulan Desember tahun lalu, pada saat konferensi pers dalam kunjungannya ke Baghdad. Kemudian, Zaidi dijatuhi hukuman satu tahun penjara, dan dibebaskan setelah sembilan bulan penahanan. (mediaumat.com, 25/10/2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s