Ridwan Saidi: Patung Obama untuk Jilat AS

JAKARTA-Budayawan Ridwan Saidi menilai pembuatan patung Presiden AS Barack Obama merupakan upaya menjilat pemerintah AS untuk maksud tertentu. Tindakan itu dilakukan oleh sekelompok pengusaha Indonesia yang didukung oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo melalui pemasangan patung Obama.

“Apa Fauzi (Fauzi Bowo) ingin jadi presiden dengan memberi panjer dulu ke Amerika dalam bentuk patung Obama,” kata Ridwan, di kantor Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera), Rabu (16/12). Dia mengatakan, Fauzi harus diturunkan dari posisinya sebagai sebagai gubernur jika melakukan hal itu.

Ridwan melihat tidak ada relevansi memasang patung Obama di Taman Menteng. Dia menganggap hal itu berlebihan sekaligus memalukan bagi bangsa Indonesia. “Jika ingin mengenang Obama, buat saja prasasti, bukan patung,” kata dia. Prasasti itu pun jangan ditempatkan di wilayah publik.

“Tempatkan prasastinya di SD Menteng itu (tempat Obama bersekolah),” kata Ridwan bersungut-sungut. Dia mendesak patung Obama segera dipindahkan dari Taman Menteng dan disimpan saja di museum.

Dia mengatakan, masih banyak tokoh dan pahlawan di dalam negeri yang butuh mendapat penghormatan. Ridwan menambahkan, adanya patung seorang presiden di luar negaranya merupakan suatu hal yang tidak lazim.

Dikatakannya, memang ada negara yang menghormati dan ingin mengenang pemimpin negara lain. “Tapi tidak dalam bentuk patung,” kata dia. Mantan Presiden Soekarno diabadikan menjadi nama jalan di suatu negara, bukan patung. (Republika online, 16/12/2009)

Sumber: hizbut-tahrir.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s