KONTRIBUSI BESAR DA’WAH NISA

ASSALAAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAHI WA BARAKAATUH

                 Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah huwallaahu akbar! Laa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim…..Tak ada kata yang paling mulia selain perkataan da’wah, tak ada perjuangan yang lebih mulia lagi selain da’wah dan jihad. Nilai ruh inilah yang senantiasa menghidupkan kita lahir dan bathin. Menjadikan kita ingin selalu dekat dengan orang-orang yang tak pernah lelah berjuang untuk tegaknya kalimah Allah di muka bumi, ingin selalu berjuang bersamanya, dan ingin selalu pula mengajak serta saudara-saudara kita yang baik, berpemikiran jernih dan berhati bersih untuk turut berjuang bersama dalam kebersamaan yang haq.

Sekalipun kita  hanyalah seorang ibu rumahtangga yang bersuami bukan aktivis da’wah dan bukan pula anggota harakah tetapi subhanallah “seluruhnya adalah pertolongan Allah” selama para suami telah berusaha membantu langkah da’wah kita walau banyak lika likunya, maka tak ada kata untuk berhenti di jalan da’wah. Sekalipun juga kita  hanyalah seorang ibu dari anak-anak yang berharap Allah melindungi anak-anak kita dari berbagai kemaksiyatan dan juga berharap anak-anak kita pun menjadi hamilud da’wah “suatu langkah yang sangat luar biasa dan bukan hal yang mudah untuk mewujudkanya”.  Kita, teman dan saudara dari ibu-ibu ta’lim di wilayah mana pun Allah tempatkan kita,  teman seperjuangan dengan beberapa tokoh yang ingin menegakkan syariah dan kita hanyalah bagian dari masyarakat yang ada di wilayah mana pun yang sedang berusaha memperbaiki diri dan keluarga serta memperbaiki  kondisi umat yang tak luput dari pengamatan kita sehari-hari, maka tetaplah kita adalah hamba Allah yang tak luput dari amanah da’wah…menyampaikan yang ma’ruf…mengingkari dan menjauhi yang munkar…..suatu kenyataan yang tak bisa kita pungkiri…suatu tugas yang tak mungkin kita hindari….

Dengan peran-peran seperti ini dan juga tentunya peran ini pun dimiliki oleh akhwati fillah, peluang untuk berkontribusi dalam da’wah sangatlah besar, karena Nisa berada pada wilayah-wilayah yang cukup strategis dalam mempengaruhi umat walau di sisi lain ada keterbatasan dalam ruang geraknya. Di sinilah kita bisa menetapkan visi misi kita dan mencoba senantiasa berupaya keras untuk menggali strategi apa yang akan kita lakukan dalam meraih dukungan umat.  

                Akhwati fillah. Siapa pun antunna…kita harus senantiasa saling mengingatkan mengingatkan bahwa aktivitas mulia ini adalah aktivitas yang bukan main-main. Tetapi aktivitas ini adalah aktivitas yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Sehingga dalam pelaksanaannya pun kita tidak boleh melalaikan peran-peran kita sebagai ‘Abdullah sebagai ummun wa rabbah al bayt sebagai muslimah bagian dari umat.

KONTRIBUSI BESAR DA’WAH NISA

                Kita harus  meyakini sepenuhnya visi kita dalam da’wah adalah sama, menegakkan dan menerapkan Syariah Islam di muka bumi ini dalam seluruh sendi kehidupan dengan mewujudkan suatu sistem yang dapat melindungi dan menguatkan penerapannya di seluruh dunia ‘suatu kekuatan besar yang telah Allah janjikan’ yaitu Daulah Khilafah Rasyidah.

Visi ini bukan suatu kemustahilan tetapi suatu keniscayaan yang kebenarannya dijamin oleh Yang Maha Haq, sehingga untuk mewujudkannya dengan menjalankan misi-misi terarah pun bukanlah hal yang mustahil. Di sinilah Nisa dapat berkontribusi besar dalam perjuangan da’wah ini tanpa mengabaikan berbagai peran yang diembannya tetapi justru mengoptimalkan peran yang diembannya untuk melaksanakan dan melancarkan misi dalam rangka mewujudkan suatu target utama dalam menegakkan pandangan yang haq. Berbekal “ya..ayyuhalladziina aamanuu in  tanshurullaaha yan shurukum wa yutsabbit  aqdaamakum” dalam surat Muhammad ayat 7 dan juga banyak ayat yang membekali kita sebagai pengemban da’wah, kiranya mungkin misi-misi ini dapat kita jalankan dalam rangka berkontribusi pada da’wah:

  1. Menjadikan peran-peran Nisa saling bersinergi dalam da’wah bukan menjadikan peran yang satu menjadi  penghalang bagi peran yang lain.
  2. Senantiasa membangun kesadaran penuh yang terus menerus dalam diri Nisa bahwa perjuangan menerapkan syariah Allah dan menegakkan Khilafah Islamiyyah sebagai sistem yang melindungi penerapannya adalah perjuangan yang harus dilakukan bersama-sama tanpa mengabaikan keberadaan  umat.
  3. Senantiasa membangun kesadaran pada umat bahwa kemaslahatan umat hanya akan dicapai dengan senantiasa menerapkan syariah Islam dalam segenap sendi kehidupan dan menyadarkan bahwa hal ini dapat dicapai jika ada suatu kekuasaan haq yang akan melindungi penerapannya.
  4. Selalu menjaga kejernihan pemikiran dan perasaan umat dengan senantiasa bergerak menyadarkan umat dan membentuk opini-opini publik yang tepat dan sesuai dengan taraf pemikiran umat yang dihadapi  sehingga umat semakin menyadari dan kemudian meyakini bahwa muslimah tha’at Syari’ah akan berjuang bersama mereka dalam mewujudkan kemaslahatan umat dalam kekuasaan yang bermartabat.

Untuk melaksanakan misi da’wah ini strategi yang juga terarah dan bertarget perlu dilakukan. Sebagai seorang muslimah yang multiperan maka proses mewujudkan visi misi menjadi bagian yang tidak lepas dari kepiawaian seorang muslimah pengemban da’wah dalam mengkaji situasi dan kondisi lahan da’wah yang akan digarapnya. Hal ini dapat dilakukan dengan senantiasa menambah tsaqofah Islam dan mengkaji sedalam-dalamnya pemahaman dan sejernih jernihnya tsaqafah Islamiyyah dengan uslub-uslub yang senantiasa dapat memberikan solusi yang haq di hadapan umat, menumbuhkan kepercayaan pada umat bahwa Khilafah  lah yang mereka harapkan selama ini.

Strategi ini bukan kemustahilan dan bukan pula hal yang mudah. Oleh karena itu uslub yang akan kita pilih dan akan kita coba menjalankannya haruslah dengan penggalian fakta yang benar, dan memahami fakta dengan benar. Jika dalam perjuangan da’wah ini  bahwa pengemban da’wah akan melakukan  perjuangan da’wah yang tiada henti,  maka dalam keluarga pun  (sebagai istri, ibu, anak,menantu dll), dalam masyarakat, dalam kerja (bagi yang bekerja) pun, maka tetaplah pengemban da’wah tersebut senantiasa harus cerdas dalam menghadapi lahan garapannya sebagai peluang da’wahnya baik peluang itu besar atau kecil, tetaplah itu adalah peluang yang dapat menolong da’wah yang haq, dan tentunya Thariqah Da’wah Rasulullah SAW tetaplah menjadi thariqah yang tdk bisa diabaikan…tetapi ditetapkan sebagai jalan yang benar….

IKHTITAM

            Akhwatii fillah. Dengan segala kepasrahan dan ketundukkan terhadap Allah SWT, tiada maksud lain selain kerinduan yang sangat akan kehidupan dalam naungan Khilafah Islamiyya, kecintaan pada hamba yang mulia dan dimuliakanNya yaitu “Rasulullah SAW”, dan rasa kasih sayang terhadap para pejuang da’wah khususnya pejuang da’wah nisa, tulisan ini dapat dituliskan dan diselesaikan pada hari ini di dalam rumah kecil saya semoga Allah meridhoiNya…

Mohon maaf jika tulisan ini banyak mengandung kesalahan, banyak kekurangan, banyak kelemahan. Dari lubuk hati yang paling dalam memohon pada Allah SWT Yang Maha Kasih dan Sayang, semoga akhwatii fillah yang mendapat amanah menjadi hamba Allah yang mengemban amanah da’wah  mendapat perlindungan dariNya, mendapat kemudahan dariNya, mendapat kekuatan dariNya, dan dilindungi keistiqamahannya, diberkahiNya  jalan hidupnya, dan senantiasa lapang dalam perjalanannya. Aamiin. Berjuanglah terus akhwatii, karena ini bukan perjuangan yang sia-sia. Bergeraklah terus karena ini bukanlah gerak yang akan melumpuhkan kaki-kakimu. Berdo’alah terus karena Allah pasti mengabulkannya. Mintalah keridhoan Allah SWT dan  orang-orang yang berada di dekatmu; ibumu, ayahmu, suamimu, anak-anakmu, saudara-saudaramu dan juga doa-doa kaum muslimin; karena dengan usaha dan kekuatan do’a lah kita akan tetap tegar berjuang di jalan-Nya. InsyaAllah…..

WALLAHU A’LAM BI ASSHAWAB; UUSIIKUM WA NAFSIY BI TAQWALLAH

Jazaakumullah khairan katsiir………………..

WASSALAAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAHI WA BARAKAATUH.

Salam Ta’zim untuk para pejuang/pengemban  da’wah

Oleh: Ummu Azkia Fachrina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s